VISI MISI DAN TUJUAN SDIT ASSALAAM SANDEN

VISI SDIT ASSALAAM SANDEN

Mewujudkan generasi qur’ani yang “Ceria dan Peka” cerdas, inovatif, adaptif, peduli, empati dan berkarakter.


MISI SDIT ASSALAAM SANDEN

Misi SDIT Assalaam diantaranya:

  1. Mewujudkan lingkungan belajar yang kondusif untuk belajar dan mengamalkan ajaran agama Islam dengan benar sesuai Al Quran dan Sunnah Rasul;
  2. Mewujudkan lingkungan belajar yang memfasilitasi kegiatan membaca, memahami dan mengamalkan Al Quran dan Hadits;
  3. Melaksanakan kurikulum pembelajaran yang mengintegrasikan kegiatan akademis dan pembelajaran Al Quran dan Hadist;
  4. Menciptakan kegiatan belajar mengajar yang aplikatif dengan memperhatikan perkembangan kebutuhan dan potensi yang dimiliki siswa.
  5. Melaksanakan pembelajaran yang cerdas, kritis, kreatif, menyenangkan dan inovatif.
  6. Melaksanakan pembinaan minat dan bakat untuk memfasilitasi kecerdasan majemuk peserta didik melalui pembinaan matematika dan sains, seni baca Al Quran, program tahfidz Al Quran, pembinaan minat bidang agama, bahasa, teknologi dan olah raga;
  7. Mengembangkan dan melaksanakan budaya 7K (Ketertiban, Keamanan, Kebersihan, Keindahan, Kerindangan, Kekeluargaan, Kesopanan) serta budaya 5SM2T (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Shodaqoh, Maaf, Tolong dan Terima Kasih) bagi semua warga sekolah;
  8. Mengimplementasikan pembelajaran berkarakter berdasarkan Profil Pelajar Pancasila yang terdiri dari 6 dimensi yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis dan mandiri.

 

TUJUAN SDIT ASSALAAM SANDEN

Adapun tujuan SDIT Assalaam sebagai berikut:

  1. Memiliki lingkungan belajar yang kondusif untuk belajar dan mengamalkan ajaran agama Islam dengan benar sesuai Al Quran dan Sunah Rasul;
  2. Memiliki lingkungan belajar yang memfasilitasi kegiatan membaca, memahami dan mengamalkan Al Quran dan Hadits;
  3. Mengimplementasikan kurikulum pembelajaran yang mengintegrasikan kegiatan akademis dan pembelajaran Al Quran dan Hadist;
  4. Mengimplementasikan kegiatan belajar mengajar yang aplikatif dengan memperhatikan perkembangan kebutuhan dan potensi yang dimiliki siswa.
  5. Mengimplementasikan pembelajaran yang cerdas, kritis, kreatif, menyenangkan dan inovatif;
  6. Memiliki peserta didik yang berkembang kecerdasan majemuknya melalui pembinaan bakat dan minat bidang matematika dan sains, seni baca Al Quran, program tahfidz Al Quran, pembinaan minat bidang agama, bahasa, teknologi dan olah raga;
  7. Memiliki warga sekolah yang terbiasa membudayakan 7K (Ketertiban, Keamanan, Kebersihan, Keindahan, Kerindangan, Kekeluargaan, Kesopanan) serta budaya 5SM2T (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Shodaqoh, Maaf, Tolong dan Terima kasih);
  8. Memiliki peserta didik yang berkarakter sesuai Profil Pelajar Pancasila yang terdiri dari 6 dimensi yaitu 

a.        Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia,

adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

Elemen Kunci ;

1)        Akhlak beragama

2)        Aklak pribadi

3)        Akhlak kepada manusia

4)        Akhlak kepada alam

5)        Akhlak bernegara

b.       Berkebinekaan global,

Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

Elemen Kunci :

1)        Mengenal dan menghargai budaya

2)        Kemampuan komunikasi intercultural dalam berinteraksi dengan sesama

3)        Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan

c.       Bergotong royong,

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan gotong royong, yaitu kemampuan untuk untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan.

Elemen Kunci;

1)        Kolaborasi

2)        Kepedulian

3)        Berbagi

d.       Kreatif,

Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas prose dan hasil belajarnya.

Elemen Kunci :

1)        kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi

2)        Regulasi diri

e.       Bernalar kritis

Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya.

Elemen kunci:

1)        Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

2)        Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

3)        Merefleksi pemikiran dan proses berfikir

4)        Mengambil keputusan

f.        Mandiri.

Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat dan berdampak

Elemen kunci:

1)        Menghasilkan gagasan yang orisinal

2)        Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal